Jumat, 10 Januari 2014

Naskah-naskah misterius dunia

Apa yang lebih menyebalkan ketika anda mengambil sebuah naskah yang ditulis dalam bahasa yang kita tidak bisa untuk menerjemahkannya? Dan inilah tujuh naskah paling misterius di dunia:

7. The Emerald Tablet of Hermes

The Emerald Tablet of Hermes merupakan salah satu teks paling membingungkan dan misterius di dunia. Para ahli menganggapnya menjadi salah satu contoh tertua dari penulisan alkimia yang bertahan sampai sekarang. Hermes Trimegistus adalah pendiri alkimia, dan telah menciptakan 'Corpus Hermeticum' yang terkenal. Legenda kuno mengatakan bahwa Tablet Zamrud dibuat oleh seorang bijak dari Mesir yang menjelaskan tentang 13 hal akan sifat dan asal usul alam semesta, dan peran manusia sebagai katalis untuk semua reaksi alami dalam ruang dan waktu.

6. Rohonc Codex

Script ini ditulis dari kanan ke kiri, dan tampaknya karakter lurus dan bulat adalah gaya Hungaria kuno. Naskah tersebut diberikan kepada Hongaria Academy of Sciences oleh Count Battyany pada tahun 1852 yang diyakini telah ditulis pada abad pertengahan. Muncul dengan ilustrasi sketsa hitam dan putih mentah, naskah ini sama sekali tidak dipahami dengan cara apapun. Namun para pemecah kode telah berhasil memastikan setidaknya bahasa yang digunakan terdiri dari 42 huruf dan lebih dari 200 simbol yang berbeda dan beberapa non-abjad. Rohonc Codex adalah naskah yang benar-benar misterius yang tidak akan mungkin bisa untuk diterjemahkan.

5. The Copper Scroll Codex

The Copper Scroll Codex pertama kali ditemukan di sebuah gua di tepi Laut Mati oleh para arkeolog pada tahun 1952. Ketika ditemukan, naskah yang berbentuk logam ini sangat berkarat dan terbungkus rapat sehingga butuh waktu bertahun-tahun untuk membuka gulungan itu. Setelah naskah tersebut berhasil dibuka, para ahli berupaya untuk menerjemahkannya dan mengungkapkan tentang petunjuk lokasi harta karun senilai miliaran dolar menurut standar sekarang. Akan tetapi, lokasi yang disebutkan tak pernah terdapat di planet bumi sehingga Copper Scroll Codex tetap menjadi misteri hingga sekarang.

4. Voynich Manuscript

Sejarah mengatakan bahwa Kaisar Rudolf II dari Bohemia telah membeli sebuah dokumen yang luar biasa pada awal abad ke-17 dengan 600 ducets emas. Mengapa ia membayar begitu banyak untuk sesuatu yang dia tidak mungkin mampu untuk memahaminya adalah sebuah misteri. Ini adalah Voynich Manuscript, dijuluki sebgai "Naskah paling misterius di Dunia". Para ahli telah berkesimpulan bila dilihat dari gaya kaligrafi serta jenis perkamen dan tinta pigmen yang digunakan, diduga kuat bahwa dokumen tersebut diproduksi pada abad ke-13. The Voynich Manuscript merupakan buku setebal 235 halaman yang penuh dengan gambar astrologi aneh. Alfabet yang digunakan diperkirakan terdiri dari 19 atau 28 bait huruf, namun tidak ada kesamaan dengan bahasa yang dikenal di bumi.
3. Codex Seraphinianus

Ketika Luigi Serafini menuliskan catatannya secara rinci dengan lukisan cat air tentang dunia yang hanya ada dalam imajinasinya, dia berhasil melakukannya dalam sebuah bahasa yang sangat menakjubkan. Tidak ada yang pernah mampu memahami The Codex Seraphinianus. Buku ini ditulis dalam bahasa yang sulit dimengerti karena seluruhnya diciptakan oleh penulisnya sendiri. Subjek yang dibahas dalam buku tebal ini adalah tentang adegan festival dengan background panorama aneh, diagram pipa, tanaman, hewan, pakaian, arsitektur, nomor, kartu, analisis kimia, labirin, dan lain sebagainya.

2. The Vinca Symbols Codex

Orang telah menyadari akan tiga tablet Tărtăria sejak penggalian di situs Neolitik Eropa Timur pada akhir abad 19. Manuskrip ini tampaknya tertanggal sekitar 5000 tahun SM. Sebuah simbol dengan menorehkan pada satu sisi saja, yang telah menyebabkan banyak argumen di kalangan sarjana tentang keaslian The Vinca Symbols Codex. Mungkin simbol itu hanya suatu bentuk komunikasi yang diukir sebelum menulis pada tempat yang sebenarnya. Jika benar adanya, maka manuskrip tersebut  telah jauh mendahului dari apa yang dikenal kita seperti Manuskrip Sumeria dan Hieroglip Mesir.

1. The Liber Linteus Linen Codex

The Liber Linteus Linen Codex, juga dikenal sebagai Kitab Linen Zagreb, adalah satu-satunya buku yang masih ada dengan tulisan terpanjang dari jenis Etruscan yang pernah ditemukan. Terdiri dari 230 baris teks dan 1200 kata, naskah tersebut tetap menjadi misteri sampai hari ini karena tak banyak yang diketahui tentang bahasa Etruscan. Dari semua teks dan kode yang belum terpecahkan tidak diragukan lagi jika kita akan menemukannya lebih dari itu. Karena semakin kita berpikir maka kita akan tahu. 


dikutip dari : http://citayamers.blogspot.com/2011/07/tujuh-naskah-paling-misterius-di-dunia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar