Kamis, 17 Maret 2016

Tugas Bahasa Indonesia Berita 1

Judul : Komnas HAM Sarankan Izin Dicabut

1. Kalimat Deduktif :  Komisi Nasional Hak Asasi Manusia merekomendasikan pencabutan izin pertambangan emas di kawasan Tumpang Pitu, Banyuwangi, Jawa Timur. Pertambangan tersebut berpotensi merusak lingkungan dan sarat konflik serta kepentingan politik yang bisa merenggut hak asasi warga sekitar tambang.    
           
Jadi paragraf diatas mengandung unsur kalimat deduktif, yaitu pernyataan yang dimiliki dengan mengemukakan hal yang umum kemudian disusun dengan uraian yang khusus. Kalimat utama terdapat pada awal kalimat, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia merekomendasikan pencabutan izin pertambangan emas di kawasan Tumpang Pitu, Banyuwangi, Jawa Timur. Sedangkan kalimat, Pertambangan tersebut berpotensi merusak lingkungan dan sarat konflik serta kepentingan politik yang bisa merenggut hak asasi warga sekitar tambang merupakan kalimat penjelas dari kalimat utama tersebut.   
          


2. Analisis cara menguji data :

  • Observasi :  Petak-petak kawasan tambang tersebut memang hanya berjarak 10 kilometer dari pemukiman warga. 
  • Kesaksian : Komisioner Komnas HAM Siane Indriani di Banyuwangi, Jumat (11/12), mengatakan, kawasan tambang emas Tumpang Pitu menjadi sumber kehidupan bagi warga sekitar yang selama ini menggantungkan hidup dari bertani dan melaut.
  • Autoritas : Manager External Affair PT BSI Bambang Wijonarko mengatakan, pihaknya sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah. 
3. Hubungan Kausal : Akibat - Sebab
    Sementara itu, PT BSI mulai membenahi kantor mereka yang dirusak warga. Sebelumnya, Pemkab Banyuwangi memang meminta PT BSI menghentikan operasional mereka hingga pilkada selesai. 

4. Daftar Pustaka :
  • Kompas, Sabtu, 12 Desember 2015, halaman 21
  • http://www.kelasindonesia.com/2015/02/definisi-contoh-kalimat-deduktif-induktif-dan-campuran-dalam-bahasa-indonesia.html
Nama : Justin Nathanael Jacobs
NPM  : 14113739
Kelas : 3KA23


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar