Kamis, 17 Maret 2016

Tugas Bahasa Indonesia Berita 2

Judul : Delegasi Tak Sepakati Parlemen Asia

  1.  Kalimat Deduktif : Sidang Asian Parliamentary Assembly Ke-8 yang berakhir Jumat (11/12) gagal membentuk Parlemen Asia. Delegasi dari sejumlah negara di Asia ini tidak menyepakatinya karena sistem pemerintahan tiap-tiap- negara berbeda-beda. 
 Jadi paragraf diatas megandung unsur kalimat deduktif, yaitu pernyataan yang dimiliki dengan mengemukakan hal yang umum kemudian disusun dengan uraian yang khusus. Kalimat utama terdapat pada awal kalimat, Sidang Asian Parliamentary Assembly Ke-8 yang berakhir Jumat (11/12) gagal membentuk Parlemen Asia. Sedangkan kalimat, Delegasi dari sejumlah negara di Asia ini tidak menyepakatinya karena sistem pemerintahan tiap-tiap- negara berbeda-beda. merupakan kalimat penjelas.
 
2. Analisis cara menguji data :
  • Observasi : Sebanyak 20 negara Asia yang mengikuti Sidang APA juga menyepakati Deklarasi Phnom Penh.
  • Kesaksian : "Untuk Indonesia, misalnya, diminta untuk membayar 60.000 dollar Amerika Serikat per tahun. Namun, hal itu tidak mungkin. APBN 2016 sudah diketuk." ucap Agus.
  • Autorisasi : "Itu ide yang baik. Namun, kalau parlemen Asia diimplementasikan, pasti ada kendala. Indonesia masih menolaknya," kata Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto, Jumat, seusai Sidang Penutupan APA di Phnom Penh, Kamboja.
3. Hubungan Kausal :  Akibat-Sebab   
Sidang Asian Parliamentary Assembly Ke-8 yang berakhir Jumat (11/12) gagal membentuk Parlemen Asia. Delegasi dari sejumlah negara di Asia ini tidak menyepakatinya karena sistem pemerintahan tiap-tiap- negara berbeda-beda. 


4. Daftar Pustaka :

  • Kompas, Sabtu, 12 Desember 2015, halaman 8
  • http://www.kelasindonesia.com/2015/02/definisi-contoh-kalimat-deduktif-induktif-dan-campuran-dalam-bahasa-indonesia.html
Nama : Justin Nathanael Jacobs
NPM  : 14113739
Kelas : 3KA23

Tidak ada komentar:

Posting Komentar