Rabu, 06 Januari 2016

Resensi film Band of Brothers




Film seri Band of Brothers produksi channel HBO yang disutradarai oleh Steven Spielberg dan Tom Hanks merupakan sebuah film mini seri yang diadaptasi dari kisah nyata tentang sepak terjang pasukan Lintas Udara Amerika Serikat yang tergabung dalam kesatuan "Easy company", Resimen ke-506, Divisi 101st Airborne. Easy company merupakan kompi militer tentara Amerika Serikat pada masa Perang Dunia ke-2. Film seri Band of Brothers bercerita tentang perjuangan pasukan ini dari masa awal pelatihan di kamp Toccoa hingga mereka berhasil menaklukan singgasana Adolf Hitler "The Eagle Nest" di Berchtesgaden di daerah Bavaria, Jerman. Film seri ini tayang perdana pada tahun 2001 di channel HBO dan meraih pernghargaan Golden Globe dan Emmy untuk kategori film mini seri terbaik.

           Foto asli para anggota Easy Company/Kompi Easy yang diambil di Austria pada tahun 1945.

Film ini fokus pada tokoh Mayor Richard Winters dari masa awal pelatihan Easy Company yang sang mayor pada saat itu masih menyandang pangkat Letnan Dua, hingga akhir penyerangan mereka di Bavaria. Mayor Winters merupakan seorang perwira yang dikenal memiliki karakter seorang perwira militer yang tangguh dan bijaksana hingga ia begitu dihormati anak buahnya dalam pasukan Easy Company
   Potret asli Mayor Richard D. Winters, komandan kompi Easy yang kemudian menjadi komandan Batalion 2.

                               Aktor asal Inggris, Damian Lewis yang memerankan Mayor Winters,


Dalam film seri BoB, kita dapat melihat reka ulang dari beberapa pertempuran terkenal yang merupakan titik balik pada Perang Dunia Ke-2. Contohnya adalah Operasi Overlord dengan peristiwa D-day pada tanggal 6 juni 1944. Pasukan Easy company merupakan pasukan airborne yang berarti pasukan tempur yang diterjunkan ke daerah konflik dari pesawat. Selain reka ulang pertempuran D-day, terdapat juga Operasi Market Garden yaitu sebuah gelaran operasi militer sekutu di wilayah Belanda yang bertujuan untuk merebut Kota Arnhem dan Eindhoven dari pihak Jerman. Ada pula pertempuran gerilya para pasukan sekutu di hutan-hutan Bastogne, Belgia.

Film seri Band of Brothers diangkat dari Novel sejarah karangan Stephen E. Ambrose. Beliau adalah seorang sejarawan terkemukan yabng telah menciptakan beberapa buku bertema Perang Dunia 2 seperti Buku : Citizen Soldier. D-day, Band of Brother, Wild Blue dan lain-lain. Film ini juga memberikan efek visual perang ala produksi Hollywood disetiap adegan pertempuran yang mampu menambah kesan realistis bagi para penonton film miniseri ini. Film ini pun terbilang sukses bukan karena pengembangan teknologi produksi untuk sebuah film, melainkan keakuratan reka peristiwa nyata yang dialami para veteran kompi Easy. Para veteran, yang pada saat itu sebagian besar masih hidup, menuangkan kisah nyata mereka ke dalam naskah film. Banyak yang berpendapat, bahwa BoB merupakan salah satu film mini seri terbaik bertemakan perang yang menceritakan sebuah kisah nyata. Hal ini juga didukung oleh kemampuan para aktor yang mampu "mewakili" para veteran sebagai pelaku sejarah.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar